HM
Komandan Kapal Turki Kagumi Keunikan Sumut

Senin, 18 Juli 2011 | 23:17:11
Medan-Komandan Kapal Perang Turki TCG Admiral Sinan Etfugrul mengaku kagum dengan keunikan yang dimiliki Indonesia, khususnya Sumut yang menjadi daerah pertama yang dikunjunginya di Indoensia. Dengan keunikan dan potensi Sumber Daya Alam serta kelautan tersebut, katanya, Sumut dan Indonesia akan menjadi prioritas kerjasama Turki dengan Asia Tenggara.
"Saya memang belum berkunjung ke Jakarta, selepas dari Sumut saya akan berkunjung ke Kualalumpur. Namun, dari beberapa tempat yang saya kunjungin, saya harus katakan Sumut unik dan potensial. Bahkan, apa yang ada di Sumut tidak ditemukan di India ataupun negara lainnya yang pernah saya kunjungi," kata Sinan Etfugrul, saat beraudiensi dengan Pelaksana Tugas (PLt) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Gatot Pujo Nugroho, di Kantor Gubsu, Senin (18/7).
Etfugrul juga menyatakan keinginannya, agar Indonesia, khususnya Sumut bersedia menerima tawaran kerjasama pemerintah Turki, baik itu di sektor militer, ekonomi, pendidikan dan seni budaya. Sebab, katanya, keunikan ini akan menjadi modal untuk membangkitkan kemakmuran bersama masyarakat antar negara di masa-masa yang akan datang.
"Saya harus ungkapkan, saat ini Turki sangat terbuka dengan siapapun, khususnya dengan negara yang memiliki kedekatan budaya dengan Turki, seperti Sumut dan saya yakin juga Indonesia. Saya kagum dengan Sumut dan saya janji akan menyampaikan seluruh potensi ini kepada pemerintah Turki," lanjutnya, yang saat itu didampingi Danlantamal I Bambang Soelistiyo dan sejumlah angkatan perang Turki dan jajaran Danlantamal I.
Menanggapi hal tersebut, PLt Gubsu Gatot Pujo Nugroho menyambut baik tawaran kerjasama tersebut dan berharap kunjungan tersebut bukan yang pertama dan terakhir, sehingga terjalin silaturahim yang baik antara Indonesia dan Turki.
"Memang banyak potensi yang ada di Sumut, semua itu butuh penanganan yang baik, sehingga dengan kunjungan ini nantinya tercipta kerjasama yang baik untuk memanfaatkan potensi yang ada," sebutnya.
Gatot memaparkan, Indonesia yang 2/3 wilayahnya berupa laut memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. "Sumut sendiri dengan beragam budaya dan etnik memiliki keunggulan yang menjadi pemersatu bangsa. Ditambah potensi perkebunan, yang saat ini sudah mulai dilakukan pengembangan kluster Industri sawit di Sei Mangkei, sebagai salah satu prioritas percepatan pembangunan ekonomi Indonesia untuk wilayah Sumatera," jelasnya.i.ginting
Share: